IMG_9616

 

Latihan Gladi Posko Kodim 0306/50 Kota dalam Penanggulangan Bencana Alam, di buka Kasi intel 032/Wirabraja Letkol Inf Rekso Sukmono bertempat di Makodim  0306/50 Kota jalan Jl. Sudirman Km 7 Tanjung Pati.

Kegiatan di gelar dalam rangka membantu pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota dan kota Payakumbuh dalam mengatasi apabila terjadi bencana alam seperti banjir, tanah longsor, angin puting Beliung yang terjadi di wilayahnya. Latihan gladi posko Penanggulangan Bencana Alam, yang dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 8 s.d 10 Juni 2015.

Menurut Kasi intel 032/Wirabraja Letkol Inf Rekso Sukmono Tugas pokok TNI adalah menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah NKRI dan melindungi segenap bangsa dan negara. Kemudian tugas TNI selain perang (OMSP) adalah melaksanakan bantuan kemanusiaan.

Dalam kaitan tugas TNI dalam OMSP inilah, Kasi intel 032/Wirabraja Letkol Inf Rekso Sukmono menjelaskan bahwa Kodim 0306/50 Kota agar selalu siap dan selalu dapat membatu Pemeritah Daerah untuk menanggulangi bencana alam, yaitu dalam hal pencarian, penyelamatan korban, penyelenggaran pengungsian serta perawatan, penerimaan dan penyaluran bantuan kemanusiaan. Daerah yang diskenariokan adalah wilayah kota Payakumbuh dan kabupaten Lima Puluh Kota karena daerah tersebut merupakan daerah yang sering terkena bencana alam seperti banjir, tanah longsor dan angin puting beliung.

Lebih lanjut dikemukakan Kasi intel 032/Wirabraja Letkol Inf Rekso Sukmono wahana latihan yang mendekati realitas dan menjadi prioritas untuk menjawab tantangan tersebut salah satunya adalah melalui Latihan Gladi Posko I tingkat Kodim. Karena latihan ini diarahkan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan komandan dan staf dalam merencanakan opersai dan kodal operasi khususnya dalam menyiapkan operasi bantuan kepada Pemda melalui mekanisme prosedur hubungan komando dan staf.