IMG-20150728-WA0027Salah satu lahan pertanian sawah yang menjadi Demplot pertanian Koramil 04/Luak Kodim 0306/50 Kota di Pakan lamo Jorong Tanjung haro Selatan Nagari Sikabu-kabu Tanjung Haro Kec. Luak, Panen Raya Senin 27 Juli 2015. Lahan sekitar 0,25 Ha milik salah seoarang Personel TNI dari koramil 04/Luak Serda Suwondo tersebut membuahkan hasil yang sangat memuaskan dengan pola pengolahan organik murni.

Danramil 04/Luak Kapten Inf Sunarko, UPT Dinas Pertanian Luak Siti Khadijah dan PPL Hidayati mengepresiasi Serda Suwondo, sebab pengolahan sawah tanpa menggunakan pupuk pabrikan dan insektisida maupun pestisida buatan pabrik tersebut membutuhkan kerja keras dan kemampuan meracik bahan-bahan organik kebutuhan tanaman.

 Sejumlah keunggulan dan pola pengolahan lahan dengan system organik murni tanpa sedikitpun pupuk an organik, rasanya lebih menguntungkan bagi para petani. Sebab selain hasil yang memuaskan, kondisi lingkungan juga terjaga ditambah efisiensi biaya” sebut Danramil 04/Luak Kapten Inf Sunarko, hanya saja membutuhkan kerja ekstra untuk mencari bahan-bahan organik untuk diramu menjadi obat tanaman atau untuk memberantas hama. Namun semua bahan-bahan yang dibutuhkan sangat banyak terdapat di sekitar lingkungan petani. Para Babinsa pada umumnya punya kemampuan dan sudah mendapatkan pelatihan untuk membuat ramuan organik, ungakpnya” didampingi Serda Junaidi, sertu Marwan dan Serka Indra saat ikut panen raya.

 Pekerjaan ini diakui oleh Serda Suwondo, mengumpulkan bahan organik itu” saya harus mencari air kelapa, urine sapi, keong dan sejumlah bahan organik lainnya yang dibutuhkan untuk membuat ramuan tersebut” memang butuh waktu hanya saja lebih efisien dalam penggunaan anggaran, selain itu oraganik ramah lingkungan” tambah Serda Suwondo cukup bangga.