DSC06852Pada tanggal 25 Agustus 2015, Kodim 0306/50 Kota ,melaksanakan kegiatan wawasan kebangsaan bagi siswa/siswi SMA sederajat sekabupaten Lima Puluh Kota, yang  dilaksanakan di Sman 1 Harau Kab. Lima Puluh Kota dihadiri 132 orang siswa/I yang merupakan perwakilan dari tiap-tiap sekolah. Komandan Kodim 0306/50 Kota Letkol Inf Heri Sumitro, S.Pd menyampaikan, tujuan materi wawasan kebangsaan untuk mewujudkan rasa nasionalisme, jiwa korsa, rasa cinta tanah air, persatuan dan kesatuan serta patriotisme terutama dikalangan dunia pendidikan khususnya bagi siswa/siswi SMA.

Dandim 0306/50 Kota dalam sambutannya menekankan, dengan pemahaman wawasan kebangsaan, akan memancarkan kualitas dan ketangguhan bangsa dalam menghadapi berbagai ancaman terhadap eksistensi suatu negara. Semangat kebangsaan atau nasionalisme merupakan bagian dari wawasan kebangsaan berdasarkan Pancasila sebagai ideologi dan pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 merupakan pendorong dan motivasi dalam mengisi kemerdekaan dan pembangunan guna mempertahankan tegaknya NKRI, sekaligus sebagai manivestasi dari kesadaran bela negara.

Dandim menambahkan, agar siswa/siswi mengikuti dengan serius acara pembekalan ini, agar dapat membentengi diri dari pengaruh negatif kemajuan teknologi informasi. “Sebagai remaja, jangan terjerumus dengan berbagai kenakalan akibat seringnya membaca dan melihat situs-situs yang gampang ditiru, seperti pergaulan bebas, ugal-ugalan, narkoba dan melakukan tindakan kriminal lainnya yang disebabkan ketidak pemahaman akan wawasan kebangsaan yang berakibat membahayakan bangsa sendiri”. Ujar Dandim menjelaskan.