DSC06881Pada hari Rabu (26/8) bertempat di gedung SKB Padang Alai Kota Payakumbuh, Komandan Kodim 0306/50 Kota Letkol Inf Heri Sumitro, S.Pd memberikan pembekalan dengan materi Sosialisai Wawasan Kebangsaan tentang peran pemuda dalam menghadapi Proxy War kepada perwakilan Siswa-Siswi SMA se Kota Payakumbuh.

Proxy war merupakan perang masa kini dimana salah satu pihak menggunakan pihak ketiga atau komponen lainnya untuk berperang melalui aspek ideologi, politik, ekonomi, sosial dan aspek lainnya. Proxy war merupakan perang antara dua pihak yang tidak saling berhadap-hadapan namun menggunakan pihak ketiga untuk mengalahkan musuh. Dalam perang proxy tidak dapat dikenali secara jelas siapa kawan dan siapa lawan karena musuh menggunakan dan mengendalikan actor non state. Indikasi adanya Proxy War diantaranya Gerakan separatis, Demonstrasi massa dan Bentrok antar kelompok.

Tujuan dilaksanakan sosialisasi ini adalah untuk memberikan wawasan kepada para siswa-siswi sebagai generasi penerus bangsa dalam menghadapi ancaman berbangsa dan bernegara untuk kemudian bersatu padu dan bersinergi menjaga keselamatan bangsa dan negara.

Dalam kesempatan tersebut Komandan Kodim 0306/50 Kota Letkol Inf Heri Sumitro, S.Pd memberikan penekanan/menggaris bawahi ” bahwa pemuda adalah tulang punggung dan generasi penerus bangsa, untuk itu sudah siapkah para pemuda menjadi generasi penerus bangsa ? Jawabannya ada diri kalian sendiri. Siap atau Tidak. Untuk menyiapkan diri, kalian harus belajar lebih giat untuk mencapai prestasi yang setinggi-tingginya, jauhi penyahgunaan narkoba, sex bebas, balap liar, perkelahian antar pelajar, miras dan lain-lain yang bersifat negatif. Untuk menangkal semua itu kalian harus selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan menjalankan perintah dan menjahui larangan-NYA, sehingga kalian akan siap menyongsong masa depan yang lebih cerah.”

Kegiatan sosialisasi ini juga mendapat sambutan positif dari para peserta dan mereka menyarankan agar kegiatan ini dilaksanakan secara berkesinambungan, sehingga tujuan dari sosialisasi dapat tercapai dan bermanfaat khususnya bagi para siswa dan siswi.