IMG_0351

Sebagai bentuk dukungan program pemerintah dalam penanggulanan darurat narkoba, Kodim 0306/50 Kota menggelar sosialisasi penyuluhan, pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba (P4GN) kepada seluruh anggotanya yang dilaksanakan pada hari Kamis 17 September 2015 bertempat di lapangan apel Kodim 0306/50 Kota .  Usai sosialiasi dan penyuluhan sebanyak 50 personel Kodim 0306/50 Kota yang dipilih secara acak mengikuti tes urine guna mendeteksi ada atau tidaknya anggota yang menggunakan narkoba maupun zat adiktif lainnya.

Komandan Kodim 0306/50 Kota  Letnan kolonel Inf Heri Sumitro, S.Pd  mengatakan tes urine tersebut merupakan tindakan rutin yang digelar Kodim 0306/50 Kota  . Menurut  komandan Kodim 0306/50 Kota, peredaran narkoba saat ini sangat tidak terkendali. Untuk mengantisipasinya, Kodim 0306/50 Kota bekerjasama dengan BNN Payakumbuh secara rutin menggelar tes urine yang dilaksanakan secara mendadak dan acak. Hal itu untuk menjaring jika ada anggota yang terlibat dengan penyalahgunaan narkotika. Jika ada anggota Kodim setempat yang positif mengonsumsi obat-obatan terlarang, pihaknya akan menindak anggotanya sesuai dengan aturan yang berlaku. Bahkan, tidak menutup kemungkinan dapat dipecat secara tidak hormat jika sudah terbukti menggunakan narkotika atau zat terlarang lainnya.

Hasilnya dari 50 anggota dipilih secara acak untuk mengikuti tes urine guna mendeteksi ada tidaknya anggota yang mengkonsumsi Narkoba ada satu orang yang dicurigai menggunakan barang terlarang tersebut. Setelah diperiksa lebih lanjut oleh tim ternyata anggota tersebut memakan obat alerghi sehari sebelum dilaksanakan tes urine. Sehingga seluruh anggota yang melaksanakan tes urine dinyatakan Negatif. Kepala BNN Payakumbuh AKBP Firdaus ZN,S.Pd, M.Si sangat berterima kasih atas pelaksanaan kegiatan tersebut, Pihaknya berharap, sebagai anggota TNI, seorang prajurit diharuskan berperilaku yang baik dan menjadi teladan masyarakat dengan tidak melakukan sesuatu yang melanggar hukum termasuk narkoba.