OLYMPUS DIGITAL CAMERAPayakumbuh (2/11) Walikota Payakumbuh H. Riza Fahlepi, ST.MP menyerahkan secara simbolis kunci rumah kepada pemilik Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang sudah diperbaiki di wilayah Kota Payakumbuh. Penyerahan secara simbolis diterima oleh perwakilan a.n Zubir yang rumahnya mendapat renovasi, bertempat di Kelurahan Tanjung Pauh Kec Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh.

Dalam sambutannya Walikota mengatakan “Bedah rumah ini adalah hasil kerja sama Komando Resor Militer (Korem) 032/WBR dengan BUMN PT. Semen Padang
Ia mengatakan rumah Pak Zubir ini adalah satu dari enam rumah yang mendapat anggaran untuk direhab melalui Kodim 0306/50 Kota. Hal ini dilaksanakan sebagai lanjutan kegiatan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) RI yang ke-70 dan HUT Tentara Nasional Indonesia (TNI). “Veteran sangat berjasa bagi bangsa ini namun banyak dari mereka yang hidup tidak berkecukupan saat ini sehingga perlu untuk diperhatikan lebih. Harapan saya, dengan adanya program rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) menjadi Rumah Layak Huni (RLH) ini dapat meringankan beban masyarakat dalam meningkatkan kualitas rumah sehingga jumlah rumah tidak layak huni dapat berkurang secara bertahap” kata Walikota.

Hadir pada kegiatan ini Dandim 0306/50 Kota, Danramil 01/Payakumbuh, Kakan Minvetcad Payakumbuh, Camat Payakumbuh Barat, Kapolsek Kota Payakumbuh, Lurah tanjung Pauh dan beberapa tokoh masyarakat lainnya.

Sebagaimana diamanatkan dalam Undang Undang Dasar (UUD) 1945 dan pasal 28 Amandemen UUD 1945, bahwa rumah adalah salah satu hak dasar rakyat. Oleh karena itu, setiap warga negara berhak untuk memiliki tempat tinggal dan mendapat lingkungan hidup yang baik dan sehat. Selain merupakan kebutuhan dasar manusia, rumah juga berfungsi meningkatkan harkat, martabat, mutu kehidupan dan penghidupan.