Jpeg

Lima Puluh Kota, Prajurit Kodim 0306/50 Kota mengikuti uji kenaikan tingkat Yong Modoo. Ujian ini diperuntukan bagi para prajurit yang masih berada di tingkatan sabuk putih untuk menjadi sabuk kuning dan dari sabuk kuning menjadi sabuk hijau. Uji kenaikan tingkatan ini dipantau langsung oleh instruktur Yong Modoo sabuk hitam dari Yoni 131/Braja Sakti.

Yong Modoo merupakan bela diri militer (BDM) yang wajib dikuasai bagi prajurit TNI AD. Seni bela diri yang berasal dari Korea ini memadukan antara Karate, Jujitsu, Aikudo dan Judo serta Taekwondo.

Komandan Kodim (Dandim) 0306/50 Kota Letkol (Inf) Heri Sumitro mengatakan, setiap prajurit dituntut untuk menguasai beladiri ini. Bagi prajurit Kodim 0306/50 Kota agar mengikuti ujian ini dengan serius, ikuti kata pelatih, Seluruh prajurit harus memiliki kemampuan bela diri Yong Modoo. Bela diri ini akan menunjang seorang prajurit dalam menjalankan tugasnya,” tegas Dandim disela memantau langsung uji kenaikan tingkat di halaman makodim setempat, Jumat (4/12/2015).

Diungkapkannya, Jika seorang prajurit tak lolos dalam ujian ini maka hal tersebut akan menjadi catatan tersendiri saat proses kenaikan pangkat. Kedepan Yong Modoo akan dimasukkan dengan uji kesamaptaan untuk mendukung seorang prajurit dalam menempuh proses kenaikan pangkat.

Dalam ujian kenaikan tingkat ini para prajurit wajib menguasai gerakan dasar, pukulan (10 gerakan), tendangan (3 gerakan), kuncian, jatuhan dan bantingan. Ujian ini diikuti oleh para prajurit mulai dari Tamtama, Bintara hingga Perwira.