IMG_2057

Lima Puluh Kota (7/3). Sebagai bentuk wujud kepedulian Kodim 0306/50 Kota terhadap ketahanan pangan, para petani dan anggota Koramil 07/Kapur IX Kodim 0306/50 Kota bersama-sama melakukan penanaman padi perdana di nagari Lubuk Alai Kecamatan Kapur IX Kabupaten Lima Puluh Kota.  Adapun kecamatan yang dicanangkan untuk penanaman padi perdana tersebut ada tiga kecamatan yakni kecamatan Kapur IX, kecamatan Suliki dan kecamatan lareh Sago Halaban.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut MoU antara Pemkab Lima Puluh kota dan TNI AD melalui Kodim 0306/50 Kota, dalam hal meningkatkan produksi atau indeks pertanian yang dilakukan secara serentak di wilayah Kabupaten Lima Puluh Kota.

Komandan Kodim 0306/50 Kota Letnan Kolonel Inf Heri Sumitro, S.Pd terjun yang didampimgi Danramil 07/Kapur IX Mayor Arm Luud Guntono terjun langsung bersama para petani dalam acara tanam padi perdana di nagari Lubuk Alai kecamatan Kapur IX kabupaten Lima Puluh Kota.          Penanaman perdana yang dilaksanakan pada tanggal 7 Maret 2016 tersebut diikuti dan dihadiri oleh Wakil Bupati Lima Puluh Kota Feri Ridwan, Kapolres Lima Puluh Kota, Ketua DPRD Lima Puluh Kota, Kadis Tanaman Pangan dan Holtikultura Kab. Lima Puluh Kota, Camat Kapur IX, Wali Nagari Lubuk alai Kec. Kapur IX Kab. Lima Puluh Kota serta tamu dan undangan lainnya.
Di kecamatan Kapur IX penanaman padi serentak melibatkan anggota Koramil 07/Kapur IX, instansi terkait BP3K, DPL, dan kelompok tani yang ada di nagari Lubuk Alai kecamatan Kapur IX dan untuk irigasi pertanian di nagari Lubuk ALai saat ini perlu mendapatkan perhatian dari pemerintah. Sebab sejumlah irigasi yang ada di nagari tersebut banyak yang rusak sehingga perlu perbaikan untuk mendukung pertanian yang maksimal.

Sementara Dandim 0306/50 Kota Letnan Kolonel Inf Heri Sumitro, S.Pd mengatakan seluruh jajarannya melalui Babinsa siap mendukung sepenuhnya penacanangan swasembada pangan, apalagi para Babinsa telah diajarkan tentang pengetahuan terkait pertanian dan akan membantu dengan seikhlasnya mulai dari pembibitan, penanaman, pemupukan serta pemanenan.
“Jika hasil pertanian yang dilakukan ini nantinya bagus tentunya akan mengispirasi petani lainnya untuk mengikuti mulai dari bercocok tanam, pemupukan, pola tanam maupun yang lainnya,” ujar Dandim.