IMG_2729

Dandim 0306/50 Kota yang diwakili oleh wakil komandan Koramil 02/Kapur IX Kapten Inf Haryadi memberikan materi wawasan kebangsaan kepada perwakilan guru serta perwakilan Osis tingkat SLTA sekabupaten Lima Pulu Kota yang bertempat di gedung Sago Bungsu II jalan Lubuk Batingkok Tanjung Pati.

 Dandim 0306/50 dalam sambutannya yang dibacakan oleh wakil komandan Koramil 02/Kapur IX Kapten Inf Haryadi menekankan, dengan pemahaman wawasan kebangsaan, akan memancarkan kualitas dan ketangguhan bangsa dalam menghadapi berbagai ancaman terhadap eksistensi suatu negara. Semangat kebangsaan atau nasionalisme merupakan bagian dari wawasan kebangsaan berdasarkan Pancasila sebagai ideologi dan pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 merupakan pendorong dan motivasi dalam mengisi kemerdekaan dan pembangunan guna mempertahankan tegaknya NKRI, sekaligus sebagai manivestasi dari kesadaran bela negara. Siapa lagi yang meneruskan perjuangan para paklawan untuk mengisi kemerdekaan negara ini kalau bukan generasi muda seperti kalian semua.

Kapten Inf Haryadi menambahkan, agar siswa/siswi mengikuti dengan serius acara pembekalan ini, agar dapat membentengi diri dari pengaruh negatif kemajuan teknologi informasi. Sebagai remaja, jangan terjerumus dengan berbagai kenakalan akibat seringnya membaca dan melihat situs-situs yang gampang ditiru, seperti pergaulan bebas, ugal-ugalan, narkoba dan melakukan tindakan kriminal lainnya yang disebabkan ketidak pemahaman akan wawasan kebangsaan yang berakibat membahayakan bangsa sendiri”.  dikarenakan nilai-nilai nasionalisme para generasi muda dari tahun ke tahun terjadi penurunan yang sangat signifikan. Banyak fakta yang dapat dilihat, salah satu contoh nyata adalah masih banyak siswa-siswi baik tingkat SLTA yang tidak mau mengikuti upacara bendera di sekolahnya. Kalian sebagai perwakilan harus menjadi contoh dan berani menegar kalau ada temen-teman yang melakukan kesalahan supaya tidak terjerumus terlalu jauh.