DSC07654

Lima Puluh Kota (18/5) – Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno melakukan tanam perdana padi sawah di lahan hasil cetak sawah baru tahun 2016 di Nagari Maek Kecamatan Bukik Barisan Kabupaten Lima Puluh Kota Sumatera Barat.

Ini merupakan implementasi dari kerjasama antara Panglima TNI dengan Menteri Pertanian RI secara nasional dan pada skala daerah antara Pemerintah Daerah Kabupaten Lima Puluh Kota dan Kodim 0306/50 Kota.

Seperti kita ketahui  bahwa sesungguhnya acara ini mengandung beberapa esensi, pesan dan makna penting yang harus disadari, dihayati dan diaktualisasikan secara bersama-sama seluruh elemen masyarakat terutama dalam kaitan tersedianya bahan pangan secara berkelanjutan.

Pemerintah telah menetapkan salah satu program prioritas pembangunan nasional yaitu pembangunan pertanian yang dituangkan dalam target terwujudnya swasembada pangan berkelanjutan guna menuju Indonesia yang mandiri dan berkedaulatan pangan tahun 2017.

Dari perspektif ekonomi kita mengetahui bahwa sektor pertanian pada beberapa kali terjadi masa krisis ekonomi global, telah mampu bertahan dalam sistem ekonomi kerakyatan kita. Kita saat ini telah masuk pusaran ekonomi global dalam konsep masyarakat ekonomi asean (MEA), dimana sistem pasar tidak lagi terhalang oleh batasa-batas suatu negara. Pada aspek sosial-budaya, bahwa prosentase terbesar mata pencaharian penduduk adalak bertani dalam anugerah sebagai negara agraris yang mempunyai lahan-lahan pertanian potensial, termasuk lahan yang telah dicetak ini.

Turut hadir dalam acara ini Bupati Lima Puluh Kota Ir Irfendi Arbi, MP, Dandim 0306/50 Kota yang diwakili oleh Kasdim Mayor Inf Hasbullah, S.Ag, Danramil 03/Suliki Kapten Inf Adek, Camat Bukik Barisan, Kadis Tanaman Pangan Kortikultura dan Perkebunan Kab. Lima Puluh Kota Ir Aprizul Nazar, pejabat instansi terkait lainnya, Wali Nagari serta masyarakat Nagari Maek. Acara berjalan dengan aman tertib dan lancar.