img_5646

Lima Puluh Kota (21/9) – Produksi padi di Kb. Lima Puluh kota diharapkan meningkat dalam waktu dua tahun kedepan. Pasalnya di lokasi puluhan hektar cetak sawah baru yang tersebar di beberapa Nagari wilayah Kodim 0306/50 kota sudah dilaksanakan penanaman padi secara serentak.

Penanaman padi serentak di Nagari Tarantang Kec. Harau dihadiri oleh Satgas PCS Mabesad Kolonel Czi I Wayan Aditya, dari Kementan diwakili oleh ibu Yulia, Kasilog Korem 032/Wbr Kolonel Inf Sainul alam. Selain itu tampak juga hadir Danden Zibang Letkol Czi H. Siregar. Rombongan tersebut disambut oleh Muspida plus Kab. Lima Puluh Kota, Muspika Kec. Harau, delapan Kelompok tani yang ada di Nagari Tarantang yang akan melaksanakan penanaman padi serentak.

Kolonel Czi I Wayan Aditya dalam sambutannya menyampaikan, gerakan tanam padi serentak ini bertujuan untuk mendukung dan mewujudkan swasembada pangan nasional yang berkelanjutan. Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Kab. Lima Puluh Kota menambahkan rencananya tahun ini pembukaan lahan sawah baru sekitar 200 Ha, dan yang sudah dikerjakan akan segera ditanami, karena bibitnya disediakan dan dibantu pemerintah.