Pada hari Selasa tanggal 21 Maret 2017 pukul 15.00 wib telah diamankan 2 ( dua ) orang WNA asal Cina oleh Tim PORA Imigrasi-II Agam bersama anggota Unit Intel Kodim 0306/50 Kota a.n Sertu Marwinsi dan Sertu Sartono yang berjumlah 6 orang  yang dipimpin oleh Deni Hariadi jabatan Kasubsiwas Keimigrasian-II Agam  di lokasi  PT. Berkat Bhineka Perkasa Tanjung Balik Kec Pangkalan Kabupaten Lima Puluh Kota.

Adapun kronologis sebagai berikut :

  1. Pada pukul 11.00 Wib Anggota Unit Inteldim 0306/50 Kota an. Sertu Marwinsi dan Sertu Sartono mendampingi Tim PORA Imigrasi-II Agam, berangkat dari Kodim 0306/50 Kota menuju daerah Tanjung Balik Kecamatan Pangkalan Kabupaten 50 Kota untuk mengecek langsung kelapangan tentang informasi keberadaan Warga Negara Asing asal Cina.
  2. Pada pukul 14.00 Wib Tim gabungan PORA tiba di rumah Bpk. Petumas ( Menager PT Berkat Bhineka Perkasa) di Nagari Tanjung Balit Kec,. Pangkalan Kab. 50 Kota dan Ketua Tim PORA an. Deni Hariyadi menanyakan langsung kepada sdr. Petumas berapa Orang Warga Negara Asing yang berada di Perusahaannya , kemudian sdr. Petumas menjawab 6 orang akan tetapi setelah diadakan pengecekan kelapangan oleh Tim Gabungan PORA ternyata ada 8 orang WNA asal Cina di Perusahaan PT. Berkat Bhineka Perkasa yang sekarang berganti nama menjadi PT. Sumatera Central Mineral ( SCM ).
  3. Pada saat diadakan pendataan/pengecekan dilapangan bahwa dari 8 WNA asal Cina tersebut  didapati 2 ( dua ) orang WNA asal Cina an. Zhang Tongfa dan Mo Jiaqiu yang perijinan tidak sesuai ketentuan yang berlaku di Imigrasi dimana ke 2 ( dua ) orang WNA asal Cina tersebut masuk dengan Visa Tinggal terbatas ( VITAS ), dan masuk ke Indonesia pada tanggal 27 Februari 2017 dengan status Stamp Limited Stay Permit, dan seharusnya ke 2 ( dua ) orang  WNA asal Cina tersebut harus mengajukan ijin tinggal terbatas ( ITAS ) ke Kantor Imigrasi dengan persyaratan terlebih dahulu harus mengurus Izin memperkerjakan Tenaga Kerja Asing ( IMTA ),  sementara 6 orang WNA asal Cina yang memiliki Dokumen lengkap dari Imigrasi yakni, 1. Liau Shiguan, 2.Tian Fasong, 3. Liu Yangui, 4. Liu Yanjing, 5. Yangt Chang Ping dan 6. Tian Wenxuiu.
  4. Pada pukul 15.30 Wib Tim Gabungan PORA berangkat dari PT. Sumatera Central Mineral ( SCM) Nagari Tanjung Balit Kec. Pangkalan Kab. 50 Kota menuju Kantor Imigrasi – II Agam dengan membawa ke 2 ( dua ) WNA asal Cina an. Zhang Tongfa dan Mo Jiaqiu.
  5. Pada pukul 18.00 Wib Tim Gabungan PORA tiba di Makodim 0306/50 Kota serta berkoordinasi dengan Pasi Inteldim 0306/50 Kota Kapten Inf Suherman untuk memberitahukan tindak lanjut dari ke – 2 ( dua ) orang WNA asal Cina, setelah itu Tim PORA dari Imgrasi – II Agam langsung menuju Bukittinggi.

Keberadaan ke -2 ( dua ) orang WNA asal Cina an. Zhang Tongfa dan Mo Jiaqiu

di PT. Sumatera Central Mineral ( SCM ) tidak memiliki dokumen yang lengkap dari Imigrasi untuk bekerja di PT.SCM tersebut. Kemungkinan ada indikasi unsur kesengajaan dari Menager PT. Sumatrera Central Mineral ( SCM ) Sdr, Petumas untuk memanipulasi data tentang keberadaan dari ke – 2 ( dua ) orang  WNA  asal Cina an. Zhang Tongfa dan Mo Jiaqiu di PT. SCM, ditambah lagi lokasi Perusahaan tersebut jauh di tengah Hutan yang berjarak dari Pemukiman masyarakat lebih kurang 5 Km.

Aktifitas dari Perusahaan PT. Sumatera Central Mineral ( SCM ) saat ini masih dalam rangka tahap persiapan pengoperasian tambang Timah Hitam.

Ke-2 ( dua ) orang WNA asal Cina an. Zhang Tongfa dan Mo Jiaqiu saat ini berada di Kantor Imigrasi – II Agam untuk diproses selanjutnya.