Kegiatan rapat koordinasi dan sosialisasi keamanan wilayah kecamatan Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh yang dilaksanakan di Aula kantor Camat Payakumbuh Barat. Kegiatan ini dilaksanakan hari Rabu tanggal 05 April 2017 pukul 09.30. Rapat dihadiri oleh Sekcam Payakumbuh Barat, Danramil 01/Payakumbuh yang diwakili oleh Serma Herry, Kapolsekta Payakumbuh yang diwakili oleh Iptu Nilawati, Kasatpol PP, Babinsa, Babinkamtibmas serta Palanta Kamtibmas.

Dalam rapat dibicarakan tentang perkembangan Kamtibmas yang terjadi di wilayah Kecamatan Payakumbuh Barat. Peristiwa Kamtibmas yamg dibahasadalah maslah Pekat dan kriminalitas antara lain Kafe Liar, warung tuak, kegiatan anak Punk, siswa bolos sekolah (ngelem/Narkoba/main games), kos kosan yang disalahgunakan untuk asusila dan balapan liar di jalanan serta perkembangan Narkoba. Sehingga dapat disimpulkan antara lain :

  1. Perlu adanya peningkatan kepedulian masyarakat sekitarnya, seperti melaporkan ke pihak terkait/RT bagi tamu yang berkunjung agar setiap kegiatan dilingkungan bisa dipantau (Tamu Wajib Lapor) dengan membuat spanduk wajib lapor di setiap Kelurahan.
  2. Meningkatkan fungsi ninik mamak atau pemangku adat dalam kehidupan sosial kemasyarakatan khusus untuk masalah Pekat (penyakit masyarakat) agar bisa diselesaikan secara adat di KAN wilayah kejadian sehingga memungkinkan untuk efek jera bagi pelaku maksiat karena harus membayar denda adat ataupun tindakan adat setempat lainnya (perlu disusun denda/sangsi adat sesuai UU/PP/Perda yang berlaku).
  3. Kegiatan Siskamling ditingkatkan dalam rangka menjaga Kamtibmas pada malam harinya.
  4. Penyelesaian masalah yang selama ini di Palanta Kamtibmas akan dilaksanakan di KAN menunggu petunjuk pelaksanaan dari Kapolda Sumbar.
  5. Kegiatan Pekat akan ditindak lanjuti oleh Satpol PP bersama tim 7 melalui kegiatan razia rutin ataupun razia mendadak.
  6. Babinkamtibmas beserta Babinsa siap membantu masyarakat dalam menghadap Pekat dan gangguan kriminalitas diwilayah Kecamatan Payakumbuh Barat.
  7. Pengusulan Anggaran Palanta Kamtibmas akan dilanjutkan ke DPRD/Walikota Payakumbuh agar setiap anggota Palanta bisa mendapat Anggaran/uang saku guna Operasioanl kegiatan Palanta Kamtibmas minimal dalam setiap penyelesaian permasalahan yang terjadi.