Kodim 0306/50 Kota menerima kunjungan kerja Tim Sergap dari Mabesad yang dipimpin oleh Kolonel Inf Imam Budiman  didampingi Kapten Inf Wendra dalam rangka mendukung program Pemerintah dalam pencapaian Swasembada Pangan menuju Kedaulatan Pangan Nasional, Kamis ( 03/08/17 ).

Hadir dalam kegiatan Dandim 0306/50 Kota Letkol Inf Heri Sumitro,S.Pd, Kadis Ketahanan pangan kota Payakumbuh, Kadis Ketahanan pangan Kab. Lima Puluh Kota, Kadis Sosial kota Payakumbuh, Kadis Sosial Kab. Lima Puluh Kota, Kasubdriv Bukittinggi, Ka gudang Bulog, Danramil beserta Pa. Staf Kodim 0306/50 Kota, Babinsa, Gapoktan, PPL dari Kota Payakumbuh dan kabupaten Lima Puluh Kota.

Dalam paparanya Dandim 0306/50 Kota Letkol Inf Heri Sumitro,S.Pd mengatakan pangan merupakan kebutuhan manusia yang sangat mendasar karena berpengaruh terhadap existensi ketahanan hidupnya baik dipandang dari segi kuantitas dan kualitasnya yang harus dipenuhi oleh pemerintah dan masyarakat. Dengan operasi sergap ( serap gabah petani ) Kodim 0306/50 Kota telah berupaya merealisasikan target yang dibebankan guna memenuhi target stok pangan di wilayah kota Payakumbuh dan kabupaten Lima Puluh Kota khususnya, agar terjaga stok pangan secara nasional yang pada akhirnya dapat memenuhi target pemerintah untuk swapang. Kodim 0306/50 Kota melaksanakan pendampingan upsus dukung swapang dengan melaksanakan giat pendampingan aparat upsus dalam rangka dukung pemerintah untuk mencapaian swapang, mulai koordinasi dengan instansi terkait sampai dengan pendampingan secara langsung di lapangan.

Komandan Kodim 0306/50 Kota Letkol Inf Heri Sumitro,S.Pd menambahkan, Sergap merupakan program TNI dengan Kementan RI. Tujuannya untuk meyakinkan masyarakat tani agar tidak rugi saat panen raya padi. Kemudian mempertahankan stok beras daerah dan nasional serta ikut memonitor harga beras agar tidak dikendalikan oleh tengkulak.Kami akan berusaha menjembatani pihak petani dengan Bulog supaya masalah harga bisa dikompromikan. Sehingga petani mau menjual gabahnya ke Bulog dan Bulog membeli gabah petani.

Dalam sambutannya Kolonel Inf Imam Budiman  mengatakan bahwa kedatangan saya kesini bisa dibilang berbagi informasi, tahun 2017 Mentan targetkan 8 juta ton yang dulunya 4 juta ton. Dengan program tambah luas tanam, koordinasi  yang dengan Distan, Disketapang dan Pemda. Posko sergap jangan hanya formalitas tapi buat    yang jelas, buat peta yang menggambarkan operasional di lapangan. Para Danramil gerakkan Babinsa supaya ada semangat/greget dalam melaksanakan tugas pendampingan pertanian.