Komando Distrik Militer (Kodim) 0306/50 Kota menggelar kegiatan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan (Wasbang) dan kegiatan Outbond kepada sekolah-sekolah setingkat SLTP yang berada dikota Payakumbuh dalam rangka kegiatan MOS (Masa Orientasi Siswa) di sekolah-sekolah. Dalam kegiatan tersebut materi yang akan diberikan meliputi materi teori antara lain : Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, NKRI, UUD 45 dan Narkoba. Kegiatan yang dilaksanakan di SMKN 2 Payakumbuh selama dua hari.

Disela-sela kegiatan Komandan Kodim 0306/50 Kota yang diwakili oleh Pabung Mayor Inf Drs. Dat Malem Ate menjelaskan tujuan dilaksanakan kegiatan tersebut untuk mendorong minat para generasi muda terhadap Pancasila, sehingga diharapkan seluruh komponen khususnya generasi muda dapat menerapkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila di kehidupan sehari-hari.

“Dalam kegiatan ini kami mengajak kepada para pelajar untuk mengenal tentang Pancasila, guna memicu kemampuannya memahami, menghayati dan mengamalkan Pancasila, sehingga nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila tidak hanya sebagai hafalan saja, tapi untuk diamalkan dan dipedomani dengan baik guna menumbuhkan rasa cintah tanah air, cinta bangsa dan negara Indonesia,” Kata Pabung Mayor Inf Drs. Dat Malem Ate.

Adapun berbagai kegiatan yang dilaksanakan, diantaranya memberikan wawasan kebangsaan (Wasbang) tentang Pancasila dan materi Outbond yaitu Water, Estafet, Permadani Terbang, Tongkat Estafet, Buldozer, Bola Tali, Hola Hop.

Para palajar yang mengikuti kegiatan tersebut terlihat sangat antusias, dikarenakan dikalangan pelajar kegaitan ini sangat jarang dilakukan dan mereka berharap kegiatan ini dapat diadakan setiap tahunnya, agar dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air berbangsa dan bernegara.