Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-72 di Kota Payakumbuh, Kamis (17/8) dipusatkan di Stadion Kubu Gadang di Kelurahan Balai nan Tuo Tiakar, Kecamatan Payakumbuh Timur. Walikota H. Riza Falepi tampil sebagai inspektur upacara. Duplikat bendera nasional merah putih diserahkan Walikota Riza kepada pembawa baki untuk dikibarkan  angggota Paskibraka.

Sebelumnya, Ketua DPRD YB. Dt. Parmato Alam, tepat pukul 10.00 WIB,  dengan lantang membacakan teks Proklamasi, diiringi raungan sirene, di depan ribuan pasangan mata peserta upacara.  Peringatan HUT Proklamasi ini berlangsung  semarak,  tertib, khidmat, aman, dan lancar.

Upacara HUT RI ke 72 dihadiri, Dandim 0306/50 Kota yang diwakili Kasdim 0306/50 Kota Mayor Inf Hasbullah,  Kajari Nur Tamam, SH, MH, Kapolresta AKBP Kuswoto, SH,  Dan Yonif 131/Brs yang diwakili Ka Korum Kapten Inf Zaenal, Wawako H. Suwandel Muchtar,  Sekdako H. Benni Warlis, ,   Ketua TP-PKK Ny. Dr. Henny Riza Falepi,  Wakil Ketua TP-PKK Ny. Hj. Suwandel Muchtar, Ketua Ikade Ny. Yendri Bodra, pimpinan DPRD, Asisten setdako, pimpinan SKPD, TNI/Polri, Korpri, mahasiswa dan pelajar serta pengurus Ormas, Orpol, OKP dan LSM.

Selain di Kubu Gadang,  upacara peringatan HUT RI di Payakumbuh, juga berlangsung diseluruh kantor kecamatan. Suasana hari kemerdekaan di Payakumbuh, cukup meriah dan semarak dari tahun sebelumnya. Sore harinya, Anggota Paskibraka yang diasuh Serma Aidal dari Kodim 0306/50 Kota, tampil gagah bersama anggota TNI/Polri dalam menjalankan tugasnya menaikkan dan menurunkan bendera. “Kami  korps pelatih bersama PPI (Purna Paskibraka Indonesia) Payakumbuh bangga dan senang,  semua anggota Paskibraka menjalankan tugasnya dengan baik,” ucap Aidal.

Usai upacara, Walikota Riza Falepi bersama Wakil Walikota Suwandel Muchtar, Ketua DPRD Dt. Parmato Alam, dan anggota Muspida  beserta isteri berkunjung ke Lapas Kelas II B Payakumbuh, mengikuti acara penyerahan remisi kepada 25 napi dari 310 anak binaan yang mendiami Lapas. Remisi dilaporkan Kepala Lapas Payakumbuh, Agus Prakosa, S.H  bervariasi dari 15 hari  sampai 5 bulan. Malam resepsi HUT RI tahun ini, dipusatkan di lapangan Poliko Payakumbuh, dengan pegelaran musik. Seluruh anggota Paskibraka dan pelatihnya, diundang untuk menikmati malam hiburan yang merupakan pesta rakyat Payakumbuh itu.