Dalam meningkatkan kepedulian dan partisipasi masyarakat serta mensukseskan program pemerintah tentang kesehatan keluarga berencana (KB), Kodim 0306/50 Kota melaksanakan kegiatan Pencanangan Bakti TNI KB Kesehatan Terpadu Tahun 2017 sekaligus pelayanan KB dan pengobatan massal bertempat di Puskesmas Padang Karabia kecamatan Payakumbuh Selatan kota Payakumbuh.

Kegiatan Bakti TNI KB Kesehatan terpadu Tahun 2017 dengan tema ” MELALUI KEGIATAN KB KESEHATAN , KITA WUJUDKAN KETERPADUAN PELAKSANAAN PROGRAM KB KESEHATAN YANG DILASKSANAKAN OLEH TNI, PEMERINTAH DAN BKKBN DALAM RANGKA MENINGKATKAN KUALITAS KESEHATAN MASYARAKAT DI DAERAH ”, melalui kerjasama SKPD KB kota Payakumbuh dan kabupaten 50 Kota dengan Kodim 0306/50 Kota Prov. Sumbar, BPMKB Payakumbuh dan Dinas Kesehatan dengan TNI.

Dalam Sambutan Dandim 0306/50 Kota Letnan Kolonel Inf Heri Sumitro, S.Pd bahwa tingginya laju pertumbuhan penduduk merupakan persoalan yang harus disikapi secara bijak, karena daya dukung alam tidak bisa berjalan paralel dengan pertambahan manusia. Karenanya tidak ada pilihan lain kecuali mengintensifkan program keluarga berencana untuk meminimalkan pertumbuhan penduduk, antara lain merencanakan bangunan keluarga kecil, sehat, bahagia dan sejahtera. Lebih lanjut Dandim menyatakan sasaran yang ingin dicapai dalam kegiatan Bakti TNI KB Kes Terpadu adalah terselenggaranya intensitas kegiatan KB-Kes secara Terpadu dengan memanfaatkan hasil pendataan untuk memberikan pelayanan secara optimal kepada masyarakat terutama Keluarga Pra Sejahtera dan Keluarga Sejahtera-1 sesuai dengan target pelayanan yang dibutuhkan oleh masyarakat.