KODIM 0306/50 KOTA

Mengikuti kegiatan  lomba Lagu dan Tarian daerah dalam rangka komsos kreatif diKorem 032/WBR yang di laksanakan pada Kamis 14 September 2017 .

TARIAN DAN LAGU

Kodim 0306/50 Kota menampilkan tarian Daerah “YO PADUSI” yang di mainkan oleh Hilmatul Hafiza dan Isra Dinda Oktami dari Siswa SMA Negeri 1 Situjuh yang telah terpilih dari seluruh tingkat SLTA sekota dan Kabupaten 50/Kota dengan penyeleksian yang dilaksanakan di Kodim 0306/50 Kota di TW III Agustus 2017 yang berkoordinasi dengan Dewan Juri dari Dinas Pariwisata Kota Payakumbuh.Tarian Yo padusi merupakan tarian Minang Kreaksi dengan mengunakan Profekti Rumah Gadang yang merupakan budaya minang yang mengisahkan tentang keberdaan perempuan minang yang dihadapkan dengan pengaruh globalisasi saat ini.

Tarian yang berjudul “yo padusi” dari siswi SMA Negeri 1 Situjuh Kab.50 Kota, menceritakan tentang lokalitas budaya minang kabau yang mana perempuan di Minang disebut Limpapeh Rumah Nan Gadang Amban Paruik Pangangan Kunci dan Pusek Jalo Kumpulan Tali, maksudnya perempuan minang sebagai panutan,contoh serta lebih tau tentang aturan adat budaya minang kabau itu sendiri, yang mana perempuan tetap perempuan namun seiring perkembangan jaman tradisi adat budaya minang kabau ini sudah mulai menghilang karena era globalisasi, perempuan yang dulunya terkekang oleh adat,dan sekarang sudah terlepas dari norma dan aturan adat budaya minang kabau. Pada hakekatnya adat minang kabau perempuan tetap perempuan walaupun mencoba untuk lari dari aturan adat,maka akan kembali kepada hakikatnya yaitu perempuan sebenarnya.

Kodim 0306/50 Kota juga menampilkan putra dan Putri terpilih untuk lomba lagu melayu, untuk Putra dengan judul “engkau laksana bulan” dari SMA Negeri 3 Payakumbuh dengan vocal Noval Gian Fernanda yang telah terpilih dalam penyeleksian di Kodim 0306/50 Kota.

Sedangkan Liza Sania Putri dari SMA Negeri 2 Payakumbuh menampilkan lagu melayu dengan judul ”surga dibawah telapak kaki ibu” dengan mendapat peringkat PERTAMA dari 10 Kodim yang berlaga dalam perlombaan di tingkat Korem yang bertempat di Aula SAPTA MARGA Korem 032/Wbr dalam rangka pelaksanaan komsos kreaktif. Liza Sania Putri yang mendapat peringkat pertama pada minggu ke IV akan dikirim ketingkat Kodam sebagai perwakilan Korem 032/Wbr pada kegiatan komsos kreatif di tingkat Kodam I/BB.