Upacara Kesaktian Pancasila yang diselenggarakan Kodim 0306/50 Kota ini diselenggarakan guna  mengenang, menghormati para pahlawan revolusi, membentuk rasa cinta tanah air, patriotisme prajurit serta membentuk jiwa juang prajurit dan penghormatan terhadap bangsa Indonesia.

Komandan Kodim 0306/50 Kota Letkol Inf Heri Sumitro selaku Inspektur upacara menekankan untuk meningkatkan jiwa juang prajurit dan mengenang jasa para pahlawan bangsa yang telah berjuang mempertahankan ideologi Pancasila, sebagai prajurit tetap mengingat akan para pahlawan yang rela berkorban untuk mempertahankan NKRI.

Kita semua telah membaca sejarah, bahwasannya partai Komunis mengadakan pemberontakan untuk memporak-porandakan negara Indonesia yang berdasarkan Pancasila, tepatnya 30 September 1965. Memang partai Komunis Indonesia mempunyai tujuan ingin mengganti ideologi negara Pancasila  dengan ideologi Komunis. Suatu kepercayaan yang tidak mengakui adanyaTuhan Yang Maha Esa, dalam hal ini tentunya tidak sesuai dengan ideologi Pancasila, dan juga menyimpang dari ajaran agama.

Kita wajib bersyukur kepada Tuhan yang maha Esa,karena rahmat-Nya yang Maha Kuasa telah menyelamatkan bangsa Indonesia, sehingga dengan rasa persatuan dan kesatuan TNI bersama masyarakat akan yang setia kepada Pancasila, maka rencana yang jahat PKI bisa dihancurkan dengan waktu yang singkat dibawah pimpinan Mayor Jenderal Soeharto dan juga mantan presiden ke 2 republik Indonesia.