TNI AD – Kodim 0306/50 Kota Melaksanakan kegiatan  perkemahan  yang bertempat diBumi  perkemahan  Lembah Harau  dan diikuti oleh   96  anggota baru Saka Wira Kartika. Kegiatan yang berlangsung  selama 3 hari dimulai pada hari Jum’at  –  Minggu, 26 – 28 Januari 2018  ini didahului dengan pembekalan materi Krida Navigasi Darat, Krida Pionereeng , Krida Mountainering, Krida Survival, Krida Penanggulangan Bencana, pemberian wawasan kebangsaan, dan long mars sejauh 01  Km.

Semua kegiatan dijalankan menggunakan sistem pamong dan prinsip-prinsip metode pendidikan kepramukaan. Tujuannya tidak lain untuk mengembangkan dan membina watak, mental, moral, jasmani, bakat, pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan para anggota.Sebagai pelatih, anggota Kodim 0306/50 Kota menugaskan 25 anggotanya yang dipimpin oleh Peltu Dwi Sutaryanto. Tanpa kesulitan yang berarti, semua materi kegiatan dapat diterima dengan baik oleh peserta hingga dilaksanakannya pengukuhan.

Komandan Kodim 0306/50 Kota . Letnan Kolonel Kav Solikhin,S.Sos.,M.M.Dalam amanatnya juga menyatakan bahwa Pramuka Saka Wira Kartika bertujuan untuk menumbuhkan dan mengembangkan sikap bela negara di kalangan pelajar dan generasi muda. Karenanya, setiap kegiatan Saka yang dibentuk lewat kerja sama antara Kwartir Nasional dengan TNI Angkatan Darat tersebut harus dilaksanakan dengan baik dan berstandar nasional.Kegiatan adalah salah satu wadah generasi muda dan pelajar untuk meningkatkan kesadaran bela negara melalui pengetahuan dan keterampilan di bidang matra darat,” tegasnya. Hal ini juga sejalan dengan gerakan pramuka dalam menjalankan fungsinya sebagai lembaga pendidikan luar sekolah yang bertujuan untuk menunjang kemantapan pertahanan negara.