Gerakan Pramuka Saka Wira Kartika 0306/50 Kota  Kotamadya Payakumbuh mendapat pelatihan dan pembinaan secara khusus dari anggota Komando Distrik Militer 0306/50 Kota.Untuk menjadi Pramuka yang handal dan tangguh berwawasan kebangsaan menjadi acuan dalam program kerja.

Latihan yang diberikan kepada anggota Pramuka Saka Wira Kartika, memang berbeda dengan saka lain yang ada di wilayahnya.Selain mendapat pelatihan untuk disiplin baris- berbaris, mereka juga dididik tentang kemandirian,penanaman mental ideologi bangsa, juga semi militer.

Saka Wira Kartika ini memang binaan anggota Komando Distrik Militer 0306/50 Kota. Karena itu sedikit banyaknya mereka juga harus mengerti dan memahami tentang kemiliteran, khususnya pada bidang pioner dan navigasi darat. Yang memberikan latihan kepada anggota Saka Wira Kartika tersebut adalah pembina yang sudah berkompoten sesuai bidangnya masing-masing.

Besar harapan Komando Distrik Militer 0306/50 Kota , dengan adanya Saka Wira Kartika ini akan memberikan wadah bagi generasi muda kita dalam membentuk jiwa yang patriot dan ksatria secara dini, untuk memperkokoh rasa kebersamaan dan cinta tanah air.