Warga Kelurahan Pakan Sinayan, Kecamatan Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh bersama anggota PU bidang pengairan, anggota kelompok tani Sawah Kareh dan anggota Koramil 01/Payakumbuh  Kodim 0306/50 Kota menggelar Karya Bakti membersihkan saluran irigasi. Karya bakti dilakukan karena kondisi saluran irigasi tersebut penuh dengan lumpur dan sampah . Saluran irigasi tersebut berada di areal persawahan Kelurahan Pakan Sinayan di RT 01/03.

Dalam karya bakti ini Koramil 01/Payakumbuh  mengerahkan 14 anggota untuk membantu warga membersihkan saluran irigasi dari lumpur dan sampah menurutnya, Karya Bakti tersebut diikuti sekitar 40 orang dimana fokus karya bakti sendiri adalah membersihkan sampah-sampah daun kering dan rumput yang menghambat arus irigasi. Selama ini, aliran air saluran yang terhambat sering meluap ke perkebunan masyarakat ketika turun hujan deras. Menurutnya, aksi Karya Bakti tersebut merupakan bentuk kepedulian dan membangun kesadaran kepada masyarakat pentingnya disiplin membuang sampah pada tempatnya.

Lurah Pakan Senayan Ibu Yenti Noyriza S.Sos. menambahkan, dalam karya bakti tersebut warga, anggota PU bidang pengairan, anggota kelompok tani Sawah Kareh dan anggota Koramil 01/Payakumbuh menggunakan alat seadanya. Serta mengucapkan terima kasih atas kehadiran Babinsa sekaligus memberikan motivasi warga untuk melakukan Karya Bakti pembersihan selokan yang selama ini sudah menumpuk sampah dan jarang dibersihkan dan babinsa harus selalu dekat dengan rakyat, terutama di saat-saat Karya Bakti dan kegiatan kemasyarakatan Iainnya. Hal tersebut di samping menambah motivasi masyarakat, juga memantapkan kemanunggalan TNI bersama Rakyat.