Kegiatan Pra TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 106 tahun 2019 Kodim 0306/50 Kota dengan ditandai dengan pemecahan kendi oleh Dandim 0306/50 kota didampingi Bupati kabupaten 50 Kota Ir. Irfendi Arbi dan kepala dinas PU kabupaten 50 Kota. Kegiatan Pra TMMD Ke- 106 ini dilaksanakan tepatnya di  Nagari Situjuh Ladang Laweh kecamatan Situjuh Limo Nagari  Kab. 50 Kota.

Sementara, wali nagari Situjuh Ladang Laweh menyampaikan”, Ucapan selamat datang kepada Bapak Bupati dan bapak Dandim 0306/50 Kota beserta rombongan atas kedatangannya semoga dapat memacu semangat masyarakat nagari Situjuh Ladang Laweh untuk mensukseskan program pemerintah. ” Kami mewakili warga nagari Situjuh Ladang Laweh sangat berterima kasih atas terpilihnya nagari Situjuh Ladang Laweh menjadi tempat sasaran TMMD yang selama ini sangat kami tunggu-tunggu”, ujarnya.

Dandim 0306/50 Kota Letkol. Kav. Solikhin.S.Sos.,M.M. dalam sambutanya menyampaikan”, Pra TMMD merupakan program terpadu yang melibatkan unsur TNI, Kementerian, Lembaga Pemerintah Non Kementerian serta Pemerintah Daerah, dalam membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memantapkan wawasan kebangsaan serta membangun persatuan dan kesatuan bangsa dalam rangka menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. “Tujuan Program TMMD merupakan program lintas sektoral yang mengakomodasikan aspirasi masyarakat, terutama masyarakat pedesaan yang betul-betul membutuhkan bantuan,” ungkap Dandim 0306/50 Kota Ditambahkan oleh 0306/50 Kota, program Pra TMMD ini dirancang melalui mekanisme perencanaan yang berorientasi dari bawah (bottom up planning). Yaitu dari desa yang disebut Rembug Desa, kemudian dilengkapi pada rapat ditingkat Kecamatan, lalu dibahas ditingkat Kabupaten untuk kemudian diprogramkan pada TNI Manunggal Membangun Desa.

“Target kegiatan Pra TMMD ini adalah 60 s/d 70 persen untuk sisanya akan dilanjutkan pada Program TMMD kedepan. Dengan sasaran Pokok pembukaan jalan sepanjang 9 KM lebar 9 M. Selain itu, ada obyek Tambahan mulai dari Normalisasi Saluran Irigasi 1000 Meter, lapangan Volly, Bedah Rumah 25 Unit”, tambahnya.

“Dalam Pra TMMD ini akan dilaksanakan sekitar 30 hari kedepan kemudian untuk selanjutnya sekitar satu atau dua bulan kemudian kita akan lanjutkan dengan melaksanakan program TMMD. ” Kita tahu hambatan pasti ada khususnya cuaca yang saat ini masuk musim hujan sehingga bisa mengganggu jalannya pembangunan. ” Kami berterima kasih kepada Pimpinan Daerah, warga masyarakat dan seluruh komponen masyarakat yang sudah membantu berjalannya kegiatan ini. Partisipasi masyarakat sangat diperlukan guna mencapai hasil yang sudah ditentukan “, tandasnya.

Pada akhir acara dilanjutkan pemecahan kendi dan penyiraman air bunga ke alat berat excavator  oleh komandan Kodim 0306/50 Kota Letkol. Kav. Solikhin.S.Sos.,M.M. yang disaksikan oleh para undangan.