Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-74 di kabupaten 50 Kota , sabtu (17/8) dipusatkan di Stadion Singa Harau. Bupati Kab 50/Kota Ir. Irfendi Arbi, M.P. tampil sebagai inspektur upacara. Duplikat bendera nasional merah putih diserahkan Bupati Kab 50/Kota Ir. Irfendi Arbi, M.P. kepada pembawa baki untuk dikibarkan  angggota Paskibraka.

Sebelumnya, Ketua DPRD bapak Deni Asra, tepat pukul 10.00 WIB,  dengan lantang membacakan teks Proklamasi, diiringi raungan sirene, di depan ribuan pasangan mata peserta upacara.  Peringatan HUT Proklamasi ini berlangsung  semarak,  tertib, khidmat, aman, dan lancar.

Upacara HUT RI ke 74 dihadiri, Dandim 0306/50 Kota,  Kajari Nur Tamam, SH, MH, Kapolres 50 Kota AKBP Haris Hadis, S.IK.M.M.Tr ,  Dan Yonif 131/Brs yang diwakili Wadanyon Mayor Inf Windu Untoro,   Ketua TP-PKK Ny. Irfendi Arbi, , pimpinan SKPD, TNI/Polri, Korpri, mahasiswa dan pelajar serta pengurus Ormas, Orpol, OKP dan LSM.

Selain di Stadion Singa Harau,  upacara peringatan HUT RI di kabupaten 50 Kota, juga berlangsung diseluruh kantor kecamatan. Suasana hari kemerdekaan di kabupaten 50 Kota, cukup meriah dan semarak dari tahun sebelumnya. Sore harinya, Anggota Paskibraka tampil gagah bersama anggota TNI/Polri dalam menjalankan tugasnya menaikkan dan menurunkan bendera. “Kami  korps pelatih bersama PPI (Purna Paskibraka Indonesia) Payakumbuh bangga dan senang,  semua anggota Paskibraka menjalankan tugasnya dengan baik,”